Jangan Lakukan 6 Hal Ini Jika Tak Ingin Sakit Kepala Bertambah Parah

Sakit kepala bisa jadi masalah umum yang kerap dialami banyak orang. Penyebabnya bisa bermacam-macam seperti kurang tidur, telat makan, atau terlalu lelah. Ketika sakit kepala menyerang, sebaiknya perhatikan kegiatan-kegiatan apa yang harus Anda hindari.
Sebab, beberapa hal yang Anda lakukan dengan kondisi sakit kepala justru membuat kondisi makin parah. Seperti dikutip dari Boldsky, Selasa (11/3/2014) berikut ini hal-hal yang sebaiknya dihindari jika tak ingin sakit kepala bertambah parah:



1. Merokok
Banyak orang berpikir sakit kepala bisa diatasi dengan merokok. Meski merokok bisa membantu memperbaiki mood Anda, tapi justru sakit di kepala akan memburuk. Sebab, beberapa zat termasuk nikotin justru bereaksi buruk terhadap saraf-saraf di tubuh terutama di kepala.


2. Stres
Seperti diketahui, stres dan kondisi tertekan bisa menyebabkan kepala Anda terasa pening. Oleh karena itu jangan menambah rasa sakit kepala dengan stres dan sebaiknya lakukan meditasi atau kegiatan menyenangkan yang bisa meredakan kadar stres Anda.


3. Tidak minum air
Dehidrasi adalah salah satu biang keladi sakit kepala. Untuk menghilangkan sakit kepala, jangan sampai Anda malas untuk minum. Terutama saat sakit kepala masih terasa ringan, perbanyaklah konsumsi air putih.


4. Tunda makan dan istirahat
Sakit kepala juga bisa disebabkan karena kondisi perut yang kosong sehingga tubuh tidak mendapatkan energi dan aliran darah ke seluruh tubuh terhambat. Maka dari itu, jangan tunda makan meskipun Anda sedang sakit kepala. Beristirahat juga bisa membantu meringankan sakit kepala Anda.


5. Memakai parfum
Jangan lakukan hal ini ketika sakit kepala. Alih-alih merasa nyaman dengan aroma parfum yang digunakan, bau parfum yang menyengat justru bisa memicu sakit kepala dan memperburuk kondisi Anda akibat rangsangan bau yang diterima oleh simpul-simpul saraf.


6. Berada di ruangan terang
Selama sakit kepala, Anda sebaiknya menghindari berada di tempat yang cerah. Ruangan yang gelap atau redup akan lebih baik untuk meringankan rasa sakit di kepala sekaligus menyegarkan suasana hati Anda.

Comments

Popular Posts