Duduk Dalam Sehari Sebaiknya Dibatasi Maksimal 9 Jam

Banyak studi yang mengupas soal keburukan duduk terlalu lama. Salah satunya, aktivitas ini membuat seseorang memiliki tubuh yang cenderung gemuk dan berpeluang menjadi obesitas. Dari sinilah berbagai penyakit akan berkembang. Obesitas dikaitkan dengan kondisi yang berisiko terhadap hadirnya penyakit jantung, stroke, diabetes, sampai dengan kanker.
Dr Dylan Thompson, dosen senior di Universitas Bath, mengatakan bahwa seseorang sebaiknya membatasi diri untuk duduk hanya 60 persen dari waktu yang dihabiskan dalam sehari. Artinya, jika seseorang setiap hari menghabiskan waktu dari bangun tidur sampai tidur malam lagi dalam waktu 15 jam, maka sebaiknya tidak banyak duduk lebih dari 9 jam. Jika lebih dari itu, maka risiko kesehatan biasanya segera muncul seiring dengan ruitinitas duduk lama.

“Duduk untuk waktu yang lama menyebabkan lemak menumpuk di tempat-tempat yang abnormal – (seperti) organ dan jaringan otot,” kata Thompson seperti dikutip lama Care2.
Energi yang terbakar saat orang duduk, tidak terlalu besar. Bandingkan saja dengan orang yang berdiri, dalam satu jam mampu membakar 132 kalori per jam. Angka pembakaran kalori ini dua kali lipat daripada saat seseorang duduk. Penumpukan kalori karena tidak sering dipakai, dapat memicu tingginya glukosa darah. Ini yang menjadi awal terbentuknya pradiabetes.
Persoalan duduk terlalu lama menjadi aktivitas orang-orang yang biasanya menjadi karyawan administrasi di kantor. Mereka lebih sering berhadapan dengan komputer dan mengetik dalam waktu cukup lama. Itu belum ditambah dengan jam lembur saat manajemen kantor memerintahkannya. Bagi mereka yang terlibat situasi seperti ini memang mesti jeli memanfaatkan waktu untuk sejenak lepas dari posisi duduk. Salah satunya melakukan olahraga ringan di sekitar kantor. Misalnya berjalan-jalan, naik tangga dbanding naik lift, atau melakukan beberapa tugas kantor sembari berdiri.
Lebih baik lagi, setel pengatur waktu untuk mengingatkan segera bangkit dari tempat duduk. Contohnya, setel alarm setiap 20 menit lalu berdiri dan berjalan atau berdiri beberapa menit. Hal ini  akan menguntungkan kesehatan dari kemungkinan bahaya duduk lama.

Comments

Popular Posts