Apa yang Terjadi Jika Tidak Tidur 24 Jam Nonstop?

Beberapa waktu lalu, dunia maya dihebohkan dengan berita kematian copywriter asal Indonesia, Mita Diran, yang meninggal setelah bekerja 30 jam nonstop. Apa yang terjadi pada tubuh kita jika kekurangan tidur yang kronis?
Dikutip dari Sleepdex , kalian akan sulit berkosentrasi, lesu, kekebalan tubuh menurun, hingga tidak bisa berpikir secara normal jika Anda memiliki waktu tidur yang kurang.

Kurang tidur secara berlebihan bisa membuat mudah marah dan tidak terjaga emosinya karena adrenalin meningkat. Hormon kortisol turut meningkat lebih tinggi dan memunculkan efek stres bahkan depresi. Kamu juga bisa berhalusinasi dan tidak mampu memahami kenyataan yang dihadapi.
Selain itu, kekurangan tidur membuat peningkatan kadar zat yang menimbulkan efek peradangan pada tubuh seperti IL–1, IL–6 dan TNF. Peradangan atau inflamasi sering dikaitkan dengan terjadinya sejumlah penyakit kronis seperti masalah jantung hingga kanker. Dan, faktor ini tidak berhubungan dengan faktor lain seperti kebiasaan merokok atau minum alkohol. Jadi, meskipun kalian tidak merokok namun kekurangan tidur, kalian juga rawan terserang penyakit kronis.
Denyut jantung orang yang kekurangan tidur cenderung tidak teratur yang membuat aliran darah ke seluruh bagian tubuh tidak maksimal. Padahal, darah membawa oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan setiap bagian tubuh.
Jadi jangan sepelekan masalah tidur, lupakan sejenak pekerjaaan atau kesibukan kalian jika sudah waktunya tidur.

Comments

Popular Posts