Trik dan Fitur Baru Facebook di Tahun 2016



POSTING STATUS DALAM BERBAGAI BAHASA
 Kini kamu bisa lho mem-posting status di Facebook dalam berbagai bahasa secara sekaligus. Ini berguna jika kamu memiliki teman-teman Facebook dari beragam negara yang belum tentu mengerti Bahasa Indonesia.


Cara mengaktifkannya cukup mudah. Kamu hanya perlu mengakses Page Settings > General > Post in Multiple Languages > Allow. Jika pengaturan ini berhasil, maka setiap kamu mem-posting sesuatu, akan ada bahasa alternatifnya di bagian bawah kalimat.

FACEBOOK CHESS

 Mungkin sebagian besar dari kamu sudah tau bahwa kini di Facebook, kita juga dapat bermain catur bersama dengan lawan bicara. Tepatnya ialah fitur game ini hadir di Facebook Messenger.

BALAS KOMENTAR SECARA PRIVATE DI HALAMAN FACEBOOK PAGES

 Bagi kamu-kamu yang memiliki page khusus di Facebook, maka kini ada fitur baru yang dapat membuat kamu berkomunikasi dengan komentar seseorang namun secara private.
Fitur ini bagus sekali untuk tetap menjaga obrolan secara pribadi dan menghindari masuknya komentar dari orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

KOLOM BARU DI ATAS PROFILE INFORMATION


 Sebenarnya fitur ini sudah pernah diimplementasikan di Facebook sebelum adanya Timeline. Kini pihak Facebook mempopulerkannya kembali dengan menyediakan kolom 101 karakter sebagai tempat mendeskripsikan siapa diri kamu.

FACEBOOK APPLE MUSIC STREAM


Mengikuti perkembangan industri musik yang menyerap ke seluruh media yang ada, maka Facebook juga tidak mau ketinggalan untuk menghadirkan fitur yaitu Facebook Apple Music Stream.
Fitur yang baru hadir di iOS dan akan segera hadir pada platform lainnya ini dapat kamu manfaatkan dalam berbagi preview lagu favorit selama 30 detik, sehingga teman dapat turut mendengarkan apa yang sedang kamu sukai saat ini.

LOCAL INSIGHTS

 Fitur baru ini keren sekali bagi kamu yang memanfaatkan Facebook untuk mengembangkan bisnis, meningkatkan brand awareness sebuah produk, maupun sebagai media dukungan dan informasi. Local Insights ialah kolom informasi yang dapat memberikan info mendalam mengenai:
             Berapa banyak orang yang menggunakan Facebook dalam radius 50 meter dari toko maupun lokasi bisnis milik pribadi. Data tersebut juga termasuk info waktu puncak aktivitas pelanggan.
             Demografi pengguna Facebook yang berada di sekitar lokasi bisnis kamu.
             Meningkatkan awareness terhadap orang-orang yang berada di sekeliling lokasi bisnis dengan menyediakan iklan sesuai dengan lokasi geografi tertentu.
             Tombol Call-to-action yang dapat berbeda sesuai dengan cabang toko di masing-masing tempat.

FACEBOOK MENTIONS

 Tren live video dan live streaming juga menjadi salah satu teknologi yang sedang hot. Setelah Snapchat dan Periscope, kini Facebook juga akan menyediakan fitur yang sama.
Facebook Mentions adalah namanya, dan ia sudah diperkenalkan sejak tahun lalu ketika beberapa selebriti mendapatkan keleluasaan untuk menggunakannya. Kini Facebook sudah siap untuk memberikan fitur tersebut kepada setiap orang.

FITUR SEARCH BARU

 Meningkatkan kemampuan dari kolom search juga menjadi fokus Facebook tahun ini. Salah seorang pelaku beta-testing Facebook yaitu Alexander Kaufman mengungkapkan bahwa nantinya di Facebook akan ada fitur search di setiap halaman profil setiap orang.
Jadi kamu dapat mencari keyword tertentu di dalam halaman profil pribadi orang lain, guna mengetahui status atau posting mereka dahulu kala atau keperluan lainnya.

PEMBARUAN FITUR EVENT

 Tahun ini, fitur Event yang dimiliki Facebook juga akan menerima pembaruan algortima yang lebih baik. Selain dapat memberikan kamu rekomendasi event sesuai dengan konfirmasi kedatangan teman, lokasi kamu, Facebook juga dapat membaca pola kehadiran kamu pada event-event sebelumnya.

INTEGRASI ANTARA UBER DAN MESSENGER

 Integrasi antara Uber dengan aplikasi Messenger milik Facebook akhirnya terlaksana. Kini pengguna Facebook juga dapat memesan Uber hanya dengan melakukannya pada kolom Messenger.
Fitur ini dinilai dapat meningkatkan produktivitas karena pengguna tidak harus berpindah aplikasi saat chatting hanya untuk memesan angkutan.
Jangan lupa untuk berikan pendapat kamu melalui kolom komentar di bawah ini ya.


Comments

Popular Posts